Minggu, 13 Januari 2013

::sponge cake coklat::

ini resep cake coklat yang saya pakai untuk membuat cake ultah mas davi di postingan sebelumnya.
resepnya saya contek abis dari sebuah buku yang judulnya menginspirasi saya untuk pengen pintar bikin cake [mulai ngelantur :p]...yaitu buku karangan ibu Dian Surjadi Ananto judulnya "BUKU PINTAR MEMBUAT CAKE ~ Membuat 30 Jenis Cake dari Satu Adonan Dasar".

nah, judulnya aja keren banget kan?  Isinya lebih keren.  Saya bersyukur banget bisa 'ketemu' dengan Ibu Dian ini yang gak pelit bagi2 ilmunya liwat buku, semoga pahala selalu mengalir ya Bu ... aamiin ya Allah.

jadi inilah resep kerennya :

sponge cake dasar (sponge cake cokelat) ~ ada di halaman 16

bahan:
6 butir telur
120 gram gula pasir
10 gram cake emulsifier [misalnya: TBM, SP, Ovalet, Sponge28, Quick75]
40 gram terigu protein rendah/sedang [saya pake yang rendah]
20 gram coklat bubuk
5 gram (1/2 sdt) baking powder
100 gram margarin, lelehkan [saya kombinasi ::75gram mentega 25gram margarin]

cara membuat:
  • kocok telur, gula pasir, dan cake emulsifier sampai kental [bila dituang adonan akan mengalir seperti pita]
  • sambil diayak masukkan terigu, coklat bubuk, dan bakin powder 
  • aduk sebentar
  • tambahkan margarin leleh, aduk rata dengan gerakan membalik adonan
  • tuang ke dalam loyang ukuran 24x24.
  • panggang dalam oven bersuhu 170 celcius selama 25-30 menit atau sampai matang [tes tusuk]
  • keluarkan dari oven.  diamkan 5 menit di dalam loyang, lalu segera balikkan ke atas rak pendingin kue


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar